Blogger Widgets

Selasa, 08 Oktober 2013

TUTORIAL MEMBUAT BUKU



Hay sahabat dumay , pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial membuat buku di Mr.word.

Eiitss ,, sebelum membuat buku, jangan lupa berdoa terlebih dahulu ya agar dalam pembuatannya terdapat keberkahan dan kelancaran . Ini dia tutorialnya ……………… 

  • Buka Mr.word terlebih dahulu

  • Kemudian anda klik Page Layout -- pilih "Margin" -- pilih "Custom Margin", pada multiple pages   silahkan anda pilih bookfold.   

  • Untuk membuat covenya , klik insert lalu pilih cover page . pilih sesuai selera anda. Buatlah semenarik mungkin . karena cover anda yang menentkan apakah buku anda menarik untuk dibaca atau tidak. 

     

  • Untuk membuat daftar isinya,  klik di lokasi yang ingin Anda sisipi daftar isi - biasanya di awal dokumen. lalu klik References > Table of Contents lalu pilih Tabel Otomatis dari galeri gaya.

  • Untuk membuat equation, tekan menu insert, kemudian tekan menu Equation [ liat menu bagian atas kanan ] maka akan muncul sebuah kotak di area dokumen. selanjutnya silakan pilih model dari rumus yang dikehendaki.

  • Untuk memasukkan Header and Footer,  pilih Insert tab, kemudian klik header atau Footer . maka akan muncul  daftar built-in pilihan yang dapat Anda gunakan. 

  • Untuk membuat watermark,  pada Page Layout tab, Page Background group, klik Watermark. Klik Custom Watermark untuk membuka kotak dialog Printed Watermark. Klik Text watermark.Klik pada kotak di samping Text, ketik teks yang diinginkan. Atur format pada Font (tipe font), Size (ukuran), dan Color (warna). Atur Layout watermark. Klik OK bila sudah selesai

  • Untuk membuat kolom koran,  Blok semua ketikan yang ingin dibuat model kolom. Arahkan mouse ke tab menu page layout dan klik. Pilih Columns. Pilih More column. Pilih tipe kolom yang diinginkan, One, Two, Three. Left atau Right. Atur Width = Lebar kolom dan Spacing = Jarak antar kolom. Klik Ok.

  •  Untuk membuat dropcap , Ketikkan naskah/teks Anda. Letakkan kursor pada paragraph yang akan diberi drop cap. Buka ribbon Insert, pada group menu text, klik Drop Cap. Pilih salah satu pilihan antara Dropped dan In Margin. Dropped berarti huruf yang lebih besar akan berada menjorok kedalam dalam paragraph tersebut, sedangkan in margin berarti huruf yang diperbesar berada di dalam margin kertas, sedangkan huruf yang lain tetap pada pengaturan margin yang ada.  Untuk melakukan pengaturan lebih lanjut dapat dipilih Drop Cap Options. Setelah memilih dropped dan in margin, pilih jenis font yang akan Anda pakai kemudian tentukan juga berapa besar huruf drop cap dengan mengisi lines to drop, semakin besar angka yang dimasukkan maka semakin besar pula huruf drop capnya. Atur pula jaraknya dengan text dengan mengisi angka pada distance from text kemudian klik OK. 

  • Untuk membuat table, klik Insert maka akan muncul menu-menu di bawahnya, kemudian klik menu Table. Langkah selanjutnya adalah arahkan kursor mouse ke kotak - kotak dalam menu tersebut dan geser arah mouse untuk menentukan berapa kolom dan baris yang akan kita buat.

  •  Untuk membuat Footnote, letakkan kursor pada kata atau kalimat yang akan diberi footnote. Klik menu References.Kemudian klik Insert Footnote.Ketikkan catatan footnote tersebut.

  •  Cara Membuat Bullets. Pertama arahkan kursor pada menu Home. Pilih "bullets" (maka akan muncul macam-macam model bullets). Klik salah satu model bullets, kemudian akan muncul jenis bullets yang dipilih.

  •  Untuk membuat numbering langkahnya hampir sama seperti membuat bullets , yaitu arahkan kursor pada menu Home.Pilih "Numbering" dan klik salah satu jenis numbering, kemudian akan muncul jenis numbering yang dipilih.  

  •  Maka jadilah format buku yang kita idam-idamkan.

  • Bacalah Alhamdulillah sebagai bentuk rasa syukur kita


Semoga tutorialnya bermanfaat ya … terima kasih !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar